Jumat, 23 Maret 2018

5 Destinasi wisata di Semarang

5 Destinasi Wisata di Semarang Yang wajib Dikunjungi!


      Semarang memiliki daya tarik yang kuat untuk dikunjungi para wisatawan. Status kota ini sebagai ibukota provinsi merupakan nilai plus yang dimilikinya. Namun terlepas dari hal tersebut, Semarang memang kaya akan destinasi wisata yang menarik mulai dari wisata alam, wisata budaya, wisata sejarah, hingga wisata buatannya. Berbagai ragam wisata tersaji disana lengkap dengan berbagai fasilitasnya. Tak heran jika Semarang memiliki ragam wisata yang lengkap, faktor lainnya yang mendukung hal tersebut adalah karena topografi wilayahnya yang lengkap, memiliki garis pantai hingga wilayah perbukitan. Perpaduan kota bersejarah, statusnya sebagai ibukota provinsi, kekayaan budaya juga kekaya alamnya membuat kota ini sayang untuk dilewatkan oleh anda yang gemar bertualang atau berwisata.

1. Lawang Sewu


     Lawang Sewu merupakan salah satu objek wisata Semarang bandungan yang sudah terkenal kemana-mana. Tempat wisata ini merupakan salah satu gedung bersejarah di Kota Semarang yang dibangun pada tahun 1904 oleh Belanda. Gedung ini dulunya merupakan gedung yang berfungsi sebagai kantor perusahaan kereta api Belanda. Kemudian setelah kemerdekaan dipakai sebagai kantor Djawatan Kereta Api Republik Indonesia (DKARI) atau sekarang kita mengenalnya dengan PT Kereta Api Indonesia. Kemudian masih ada lagi sejarah penggunaan gedung ini setelahnya. Seperti namanya ‘Lawang Sewu’ yang memiliki arti pintu seribu, bangunan ini unik dengan banyak pintu dan jendelanya walaupun jumlahnya tak sampai seribu. 


2. Candi Gedong Songo


     Letak candi ini ada di lereng Gunung Ungaran yaitu pada ketinggian sekitar 1.200 mdpl. Maka selain candi megah yang bisa anda saksikan, pemandangan alam disana pun akan memanjakan mata. Terdapat hutan pinus, mata air yang mengandung belerang, dan berbagai keindahan alam lainnya. Kompleks candi ini dibangun pada abad ke-9 Masehi. Namanya gedong songo memiliki arti sembilan gedung, yaitu gedong yang berarti gedung dan songo yang berarti sembilan. Lokasi ini memiliki 9 candi dan tersebar di lereng Gunung Ungaran ini. Kompleks candi ini sayang untuk dilewatkan apalagi bagi anda yang memang suka wisata sejarah.


3. Air Terjun Kali Pancur


     Semarang juga memiliki wisata air terjun. Salah satu air terjun yang bisa anda nikmati keindahannya di Semarang adalah air terjun Kali Pancur. Bisa dibilang air terjun Kali Pancur merupakan wisata di Semarang berupa air terjun yang paling terkenal. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 150 meter, keindahannya dilengkapi dengan bebatuan alam dengan pepohonanhijau yang segar dipandang mata. Untuk menikmati keindahan air terjun ini anda harus sedikit berjuang meniti anak tangga yang jumlahnya sekitar 900.


4. Kota Lama Semarang


     Berkunjung ke Semarang tidak akan terasa lengkap kalau tidak datang ke kawasan Kota Lama Semarang. Tempat wisata di Semarang ini memang sudah lama dikenal sebagai lokasi wisata paling populer di Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah tersebut. Apalagi, kalau Anda adalah seorang yang gemar berburu foto. Deretan bangunan tua bergaya Eropa klasik, kerap menjadi buruan para fotografer.


5. Kampung Batik Semarang


    Saat berkunjung ke Kota Lama, Anda juga bisa menyempatkan waktu untuk mampir ke Kampung Batik Semarang. Tempat wisata di Semarang ini berada tidak terlalu jauh dari kawasan Kota Lama, terletak di Kelurahan Rejamulya, Semarang Timur. Wisatawan bisa menuju ke tempat wisata ini dengan melewati gang masuk yang terletak di samping Hotel Horison. Terdapat pintu gerbang bertuliskan Kampung Batik di sana.

0 komentar:

Posting Komentar